KONSEP REKAYASA PERANGKAT LUNAK

PERANGKAT LUNAK ITU APA YAAAA ????




Program komputer yang terasosiasi dengan dokumentasi dan dikembangkan untuk pelanggan tertentu atau pasar umum

APLIKASI PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)

ARTIFICIAL INTELLIGENCE SOFTWARE


KOMPONEN PERANGKAT LUNAK

BENTUK BAHASA
BENTUK TRANSLATOR 
BENTUK MESIN


BENTUK BAHASA

HIGH LEVEL, CONTOH JAVA, BASIC, PASCAL, COBOL, FORTRAN.
MIDDLE LEVEL, CONTOH C
LOW LEVEL, CONTOH BAHASA ASSEMBLY

BENTUK TRANSLATOR

1. INTERPRETER
    Menterjemahkan dari bahasa tingkat tinggi ke bahasa tingkat rendah secara satu
    persatu (statemen demi statemen)
2. COMPILER
    Menterjemahkan dari bahasa tingkat tinggi ke bahasa tingkat rendah secara satu persatu
    (statemen demi statemen)  
3.ASSEMBLE
   Menterjemahkan dari bahasa rakitan ke bahasa mesin


BENTUK MESIN

REKAYASA PERANGKAT LUNAK????
  1. Disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal     spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan. 
  2.  Suatu proses pengembangan dengan menggunakan prinsip atau konsep rekayasa  dengan tujuan menghasilkan perangkat lunak yang bernilai ekonomi yang dipercaya dan bekerja secara efisien menggunakan mesin.

REKAYASA PERANGKAT LUNAK

  1. Lebih fokus pada praktik pengembangan perangkat lunak dan mengirimkan perangkat lunak yang bermanfaat pada pelanggan
  2.  Dapat terus dipelihara setelah perangkat lunak selesai dibuat seiring berkembangnya teknologi dan lingkungan (maintainability)
  3.  Dapat diandalkan dengan proses bisnis yang dijalankan dan perubahan yang terjadi (dependability & robust) 
  4. Efisien dari segi sumber daya dan penggunaan
  5. Kemampuan untuk dipakai sesuai dengan kebutuhan (usability) 
  6. Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan / pemakai 

TANTANGAN DALAM RPL
  1. Tantangan warisan, dimana perangkat lunak dikembangkan selama bertahun-tahun oleh orang yang  berbeda, sehingga dapat menyebabkan ketidakpahaman atau perubahan tujuan pembuatan perangkat lunak
  2. Tantangan heterogenitas, dimana perangkat lunak harus dapat beradaptasi dengan teknologi yang terus berkembang dengan semakin luasnya lingkungan distribusi perangkat lunak
  3. Tantangan pengiriman, bahwa perangkat lunak dengan skala besar dan kompleks dapat sampai ke tangan pelanggan atau pengguna dengan cepat dan kualitas tetap terjaga
  4. Tantangan desain, bagaimana menentukan alur perangkat lunak (terutama yang berbasis web)


SUMBER : MATA KULIAH REKAYASA PERANGKAT LUNAK OLEH AHMAD FAISOL, ST., MT.



0 Response to "KONSEP REKAYASA PERANGKAT LUNAK"

Post a Comment

Entri Populer